Deklarasi Sukses, Dayung Serunting Putuskan Huni Danau Kautan Serunting

  • Whatsapp
Penandatanganan naskah deklarasi Dayung Serunting. Organisasi ini diminta fokus pada perwujudan visi-misi, agar mampu berkontribusi positif bagi pengembangan SDM peka konservasi alam
Penandatanganan naskah deklarasi Dayung Serunting. Organisasi ini diminta fokus pada perwujudan visi-misi, agar mampu berkontribusi positif bagi pengembangan SDM peka konservasi alam.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | KompolmasTV — Setelah melewati survey dan observasi hampir sebulan, akhirnya organisasi pemuda dan konservasi alam “Dayung Serunting” dideklarasikan para inisiatornya.

Bertempat di kawasan Danau Kautan Serunting, Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim, deklarasi organisasi binaan Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu ini berlangsung tepat pukul 16.00 WIB, Sabtu (19/9/2020).

Read More

dayug-serunting
“Dengan rahmat Allah SWT, diiringi komitmen melestarikan alam ciptaan-Nya, kami para inisiator dari berbagai unsur Kompolmas secara bersama-sama mendeklarasikan berdirinya Dayung Serunting di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.”

Demikian diucapkan tujuh deklarator —terdiri dari unsur kepolisian, tokoh masyarakat, karang taruna dan alumni mahasiswa pecinta alam— secara bersamaan pada puncak acara sakral tersebut, disaksikan pemerintah desa dan perwakilan tokoh masyarakat setempat.

Salah satu deklarator, Ronny Nata menegaskan Dayung Serunting harus fokus pada perwujudan visi dan misi organisasi, agar mampu berkontribusi positif bagi pengembangan diri dan SDM kepemudaan yang peka terhadap lingkungan, termasuk konservasi alam yang kini mulai dibidik sebagai kandidat destinasi wisata alam daerah.

Selain itu, para pedayung profesional yang bakal dibidani organisasi ini hendaknya bisa diarahkan tidak hanya sebagai atlet atau pemandu wisata minat khusus.

Rapat pembentukan tim formatur usai deklatarasi Dayung Serunting
Rapat pembentukan tim formatur usai deklarasi Dayung Serunting.

Tapi, Ronny berharap, juga bisa dibina sebagai ujung tombak misi sosial penanggulangan bencana dan potensi SAR, baik darat maupun perairan.

“Ada impian dan target jangka panjang yang berkesinambungan di Dayung Serunting. Para anggota nantinya takkan ditempa menjadi semacam ‘penakluk’ alam, kita hanya akan membekali mereka ‘skill’ berdamai dengan alam agar lebih konservatif dan produktif” urainya usai deklarasi.

Para deklarator Dayung Serunting foto bareng usai deklarasi
Para deklarator Dayung Serunting foto bareng usai deklarasi.

Terkait homebase, instruktur utama Dayung Serunting ini menyarankan tetap menjadikan kantor pusat Divisi Sport KompolmasTV sebagai rumah pertama, karena dari situlah organisasi ini diprakarsai bersama.

Guna memperlancar kegiatan lapangan (latihan rutin, Diklatsar hingga event lomba), Danau Kautan Serunting dijadikan sebagai markas kedua.

“Atas nama pemerintah desa dan masyarakat di sini, saya mendukung sepenuhnya organisasi ini bermarkas di Kautan Serunting. Simbiosis mutualisme tentu akan mudah terjalin. Prosedur formalnya akan kita urus secepatnya,” timpal Kepala Desa Muara Danau, Murman.

Dia mengaku optimis, keberadaan Dayung Serunting sebagai pencetak SDM muda terlatih bakal berdampak positif bagi program Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat sekaligus menginspirasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rantaman menggagas unit usaha baru bidang pariwisata.

Baca Juga: Nobar Hari Ibu, Kapolres Kampanye Ekowisata Serunting

Menjelang penutupan rangkaian deklarasi, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi melalui Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Deddy Nata SIK diwakili Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan mengapresiasi pendirian organisasi ini.

“Tentu ini akan terekomendasi khusus sebagai program inovasi unggulan Kompolmas Bengkulu Selatan, karena memang prospeknya ‘sekali merengkuh dayung dua-tiga destinasi terlampaui’ benar-benar bisa terwujud,” tuturnya.

Kampanye pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19 turut mengisi rangkaian acara deklarasi Dayung Serunting
Kampanye pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19 turut mengisi rangkaian acara deklarasi Dayung Serunting.

Tamsir mempersilahkan tim formatur bekerja cepat membentuk kepengurusan baku serta merumuskan program kerja produktif sesuai AD/ART organisasi, agar bisa segera melaksanakan program aksi.

“Saya minta proses ini secepat mungkin kelar. Apalagi, saya dengar sudah ramai calon peserta Diklatsar mengantri jadwal latihan,” pungkasnya.[ak]

Related posts

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *