Hercules Berpenumpang 100 Prajurit TNI Jatuh, Kapuspen TNI: Hoax

  • Whatsapp
Foto grid regu penyelamat tengah berupaya mengevakuasi puing-puing pesawat Hercules TNI di suatu tempat. TNI meyakini, foto-foto ini diabadikan saat kecelakaan pesawat tahun 2016
Foto grid regu penyelamat tengah berupaya mengevakuasi puing-puing pesawat Hercules TNI di suatu tempat. TNI meyakini, foto-foto ini diabadikan saat kecelakaan pesawat tahun 2016.
jadwal-sholat

JAKARTA | KompolmasTV — Sebuah pesawat angkut milik TNI berpenumpang 100 prajurit dikabarkan jatuh di wilayah Papua.

Kabar tersebut pertama kali menyebar melalui aplikasi perpesanan instan WhatsApp, disusul ke berbagai jejaring sosial lainnya, Senin (9/11/2020) siang.

Read More

Ekowisata Kawutan Serunting

“Inalilahi wainalilahi rojiun. NKRI berduka. Baru saja pesawat hercules milik TNI yang membawa 100 anggota perajurit TNI menuju papua jatuh di wilayah papua pada tanggal 09-11-2020 pukul 09:00,” bunyi pesan berantai tersebut.

Pengirim pesan anonim ini juga menyebutkan, korban meninggal baru diketahui 10 orang, dan korban luka parah baru empat orang.

Pesan ini dilengakapi foto grid regu penyelamat tengah berupaya mengevakuasi puing-puing pesawat Hercules TNI di suatu tempat, dan foto mirip anggota TNI berkumpul di suatu tempat menyerupai area parkir depan pangkalan udara.

Disertakan pula, dua video berdurasi pendek berisi deretan mobil patroli polisi dan kendaraan angkutan darat milik TNI di pinggir jalan.

Kepala Pusat Penerangan (Puspen) TNI Mayjen Achmad Riad menegaskan, informasi tersebut adalah hoax, semua pesawat dalam kondisi aman.

Foto-foto beredar adalah dokumentasi kecelakaan pesawat tahun 2016.

“Saya sudah cross check dengan Asintel Kasau. Jawabannya, semua pesawat aman. Gambar tersebut menunjukkan nomor lambung sama dengan kejadian kecelakaan tahun 2016,” ungkapnya, Senin sore.

Sementara itu, dikutip dari detikNews, Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma Budhi Achmadi menyatakan hal senada, tidak ada kecelakaan pesawat. Foto disebarluaskan pihak tak bertanggung jawab tersebut adalah foto-foto lama.[yul]

Related posts

Rafting Vaganza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *