Pemdes Dusun Tengah Persiapkan Diri Sambut New Normal

  • Whatsapp
Monitoring dan evaluasi pencegahan Covid-19 di Dusun Tengah, Selasa sore
Monitoring dan evaluasi pencegahan Covid-19 di Dusun Tengah, Selasa (21/7) sore.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | KompolmasTV Setelah sukses mempertahankan Dusun Tengah pada zona hijau dalam kurun empat bulan pertama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kini Pemerintah Desa (Pemdes) setempat menapak fase persiapan adaptasi kenormalan baru (new normal).

Selama masa tanggap darurat Covid-19, desa di wilayah Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu ini menyisihkan Rp 84 juta lebih untuk anggaran pencegahan.

Read More

dayug-serunting

“Masih tersedia anggaran pencegahan sekitar Rp 24 juta. Ini tetap menjadi cadangan tanggap darurat berikutnya, dan persiapan menyambut new normal,” ungkap Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Dusun Tengah, Nisman, saat monitoring dan evaluasi (Monev) pencegahan Covid-19 bersama Bhabinkamtibmas Polsek Seginim Bripka Surahman Budi Utama, Selasa (21/7/2020) sore.

Nisman menjelaskan, terdapat 135 rumah di Dusun Tengah. Saat awal pandemi, tiap rumah dan tempat pelayanan/fasilitas umum diberi bantuan sarana-prasarana kebersihan diri berupa galon tempat air pencuci tangan, sabun cair, sebotol air alkali untuk antiseptik dan tiga lembar masker kain.

“Total masker yang sudah dibeli 500 lembar. Setelah dibagikan tiga lembar tiap rumah, tersisa 95 lembar untuk cadangan tamu tak bermasker yang datang ke posko relawan. Sekarang ada rencana akan beli masker lagi, untuk mendukung new normal,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Nisman, upaya pencegahan Covid-19 yang telah dilakssanakan juga berupa enam kali desinfeksi massal dan pembagian 500 cc cairan desinfektan kepada setiap rumah, agar masyarakat bisa melanjutkan desinfeksi ketujuh di rumah masing-masing.

“Semua upaya pencegahan ini dipelopori 36 relawan gugus tugas Covid-19 Dusun Tengah, dibantu pemerintah kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” imbuhnya.

Terkait peralatan pendukung, Nisman mengaku telah membeli tiga elektrik spayer, satu unit steam, satu termometer inframerah, dan 20 stel alat pelindung diri (APD).

Baca Juga: Gawat..! Paralatan Desinfeksi Covid-19 Dusun Tengah Ludes Digondol Maling

Sementara itu, Pemdes Dusun Tengah juga sudah mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama kepada 67 kepaala keluarga (KK) miskin dan terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan BLT ini, tentunya kami berharap tidak disia-siakan, agar segala kebutuhan keluarga di masa sulit ini bisa tertanggulangi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi melalui Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Deddy Nata SIK dan Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Surahman Budi Utama berterima kasih atas jerih-payah Pemdes Dusun Tengah dan segenap relawan melaksanakan upaya pencegahan Covid-19 di desa ini.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa membantu penyaluran BLT DD Dusun Tengah, Selasa pagi
Bhabinkamtibmas dan Babinsa membantu penyaluran BLT DD Dusun Tengah, Selasa (21/7) pagi.

“Memasuki adaptasi kebiasaan baru (new normal-red) bukan berarti kita sudah bisa abai dengan resiko penularan virus corona. Melainkan harus tetap menerapkan protokol kesehatan demi aktifitas produktif di luar rumah dengan aman,” ujarnya.

Budi menyambut positif rencana Pemdes Dusun Tengah akan menggelar giat penyuluhan/pelatihan adaptasi kebiasaan baru, agar masyarakat benar-benar mafhum dan meningkatkan kesadaran menaati protokol kesehatan.[een/**]

Related posts

dayug-serunting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *