Pimpin Panen Raya Ikan Patin, Ketua PD Bhayangkari Ingatkan Penguatan Ekonomi Keluarga

  • Whatsapp
Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Bengkulu, Ny Wulan Teguh Sarwono (ketiga dari kanan) memimpin panen raya ikan patin di Desa Suka Bandung, Air Nipis
Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Bengkulu, Ny Wulan Teguh Sarwono (ketiga dari kanan) memimpin panen raya ikan patin di Desa Suka Bandung, Air Nipis.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | KompolmasTV — Urgensi peran usahatani, khususnya bagi masyarakat pedesaan, tidak terlepas dari tujuan penguatan ekonomi keluarga.

Tidak terkecuali usaha bidang budidaya perikanan air tawar di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, yang diakui telah mampu menginfiltrasi pasar hingga ke luar daerah.

Read More

polres-bengkulu-selatan

Demikian diutarakan Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Bengkulu, Ny Wulan Teguh Sarwono di sela giat panen raya ikan patin di Desa Suka Bandung, Kecamatan Air Nipis, Rabu (9/9/2020) pagi.

Pada kesempatan ini, Wulan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bengkulu Selatan Ny Desy Deddy Nata, Ketua Bhayangkari Ranting Seginim Ny Jumartiki Tamsir, dan Ketua Bhayangkari Ranting Pino Ny Anita Saryono.

Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu Ny Wulan Teguh Sarwono (kedua dari kanan) didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bengkulu Selatan Ny Desy Deddy Nata (paling kanan) bersama Ketua Bhayangkari Ranting Seginim dan Ranting Pino usai memimpin panen raya ikan patin
Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu Ny Wulan Teguh Sarwono (kedua dari kanan) didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bengkulu Selatan Ny Desy Deddy Nata (paling kanan) bersama Ketua Bhayangkari Ranting Seginim dan Ranting Pino usai memimpin panen raya ikan patin.

Dengan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) encegah penularan Covid-19, giat ini turut dihadiri Kasubbag Humas Polres Bengkulu Selatan IPTU Sarmadi, Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan, Kapolsek Pino IPTU Saryono, Kanit Binmas Polsek Seginim IPDA Agus, serta segenap anggota Bhabinkamtibmas.

“Terima kasih kepada Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu yang telah berkenan membuka tahapan panen raya ini, sebagai motivasi bagi kami untuk lebih giat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi,” tutur Sholeh, Ketua Kelompok Budidaya Perikanan Hamparan Bendung Selepah.
Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan (kiri) dan Kapolsek Pino (tengah) melanjutkan proses panen raya patin
Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan (kiri) dan Kapolsek Pino (tengah) melanjutkan proses panen raya patin.

Menurut dia, kelompok hamparan ini beranggota 25 pekolam asal Kecamatan Air Nipis dan Seginim, dengan total luas kolam mencapai 1,5 hektar.

“Ini adalah panen musim kedua dan terbesar. Musim sebelumnya, berupa ujicoba, atas saran pemerintah daerah dan bimbingan kepolisian,” ungkap Sholeh.

Ketua Kelompok Budidaya Perikanan Hamparan Bendung Selepah, Sholeh (kiri) mengumpulkan ikan patin hasil panen raya
Ketua Kelompok Budidaya Perikanan Hamparan Bendung Selepah, Sholeh (kiri) mengumpulkan ikan patin hasil panen raya.

Dilihat dari pertambahan bobot badan, dia memprediksi panen musim kedua ini akan mencapai target maksimal, yakni sekitar dua ton perkolam.

“Patin ini bisa menjadi solusi krisis air yang selama ini dialami pekolam air deras (sering diprotes petani irigasi teknis-red). Sebab hasil panen patin ternyata sama saja dengan ikan mas dan nila yang mutlak butuh air deras,” tutupnya.[ak]

Related posts

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *