Sambangi Markas Dayung Serunting, Dispar dan Pokdarwis Sepakat Berkolaborasi

  • Whatsapp
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar (kiri) menunjukkan alur keluar-masuk perahu milik Dayung Serunting yang bakal menambah daya tarik bagi calon wisatawan
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar (kiri) dan Ketua Pokdarwis menunjukkan alur keluar-masuk perahu milik Dayung Serunting yang bakal menambah daya tarik bagi calon wisatawan.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | KompolmasTV — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Selatan menyambut antusias rencana Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muara Danau mengelola kawasan Danau Kautan Serunting sebagai destinasi wisata baru.

Tak tanggung-tanggung, Dispar pun menyatakan siap berkolaborasi merancang master plan pengembangan danau legendaris se-Sumbagsel —terletak di Desa Muara Danau Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu— tersebut.

Read More

dayug-serunting

“Silahkan Pokdarwis Muara Danau mengelola maksimal obyek ini, kami bantu. Minimal dalam pengurusan adminstrasi dan legalitas akan kami bantu. Apalagi sudah ada Dayung Serunting yang membina SDM-nya,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Muhammad Isra saat mengunjungi markas Dayung Serunting, di tepian Danau Kautan Serunting, Senin (21/9/2020) siang.

Dia menilai, potensi alam di kawasan tersebut merupakan modal awal paling berharga bagi Pokdarwis Muara Danau. Ditambah adanya andil Dayung Serunting sebagai wadah pembentukan pemandu wisata air, tentu bakal menjadi kekuatan luar biasa.

Selain itu, Isra mengingatkan pentingnya sosialisasi ekstra kepada kalangan masyarakat Desa Muara Danau dan enam desa penyangga sekitar kawasan, agar tidak berpangku tangan dan akhirnya gigit jari.

“Masyarakat desa harus cepat tanggap, kalau tidak ingin menjadi penonton sepanjang hayat. Kita tahu ada kekuatan tidak main-main di Dayung Serunting, mereka terlatih, pecinta ketelitian dan kecepatan. Pokdarwis dan komponen desa lainnya harus mampu mengimbangi, supaya serasi,” anjurnya.

Ketua Pokdarwis Muara Danau, Roby Alexander Franco mengaku tengah menyiapkan penyusunan program kerja taktis menyambut kehadiran Dayung Serunting, mencoba mengimbangi dan mensejajarkan diri dengan organisasi binaan Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu tersebut.

“Terima kasih atas kunjungan Dinas Pariwisata untuk melihat kondisi Pokdarwis di sini. Asistensi menyusun master plan pengelolaan dan pengembangan potensi wisata di Danau Kautan Serunting memang sangat kami butuhkan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dimulai,” tuturnya.

Selain itu, Roby berharap pemerintah desa dan seluruh masyarakat Muara Danau bisa turut berkontribusi memperlancar upaya penggalian potensi wisata ini, agar bisa menopang pendapatan asli desa (PAD) dan mata pencaharian baru bagi masyarakat itu sendiri.

“Saya sepakat, di tahap ini memang butuh sosialisasi lebih intensif, agar masyarakat sekitar obyek wisata bisa sepemahaman,” tutupnya.[ak]

Related posts

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *