Arungi Kawutan Serunting, 3 Perwira Polisi Dihadang Penghuni Danau

  • Whatsapp
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | KompolmasTV — Tiga perwira polisi terperangah saat menyadari kehadiran mereka di tengah Danau Kawutan Serunting telah lama diintai sekawanan bangau putih.

Satwa dilindungi undang-undang penghuni danau tersebut tak segan-segan mencegat perahu karet —berperan sebagai leader— yang ditumpangi ketiganya.

Read More

Ekowisata Kawutan Serunting

Terbang sangat rendah, mengitari perahu hingga beberapa putaran, seolah ingin menyapa kedatangan tiga aparat penegak hukum ini di tengah danau, Selasa (8/12/2020) siang.

Ketiga perwira pejabat Polri ini adalah Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu AKBP Deddy Nata SIK, Kasat Reskrim Polres Bengkulu Selatan AKP Rahmat, dan Kapolsek Seginim IPTU Tamsir Hasan.

Pencegatan terjadi saat perahu leader Pesisir Selatan (PESAT) Institute yang mereka gunakan memisahkan diri dari konvoi bersama dua perahu rescue yang diawaki Danramil 02/0408 Manna, beberapa anggota polisi dan pemandu dayung PESAT Institute.

Momen langka ini sempat diabadikan beberapa anggota polisi, termasuk Kapolres sendiri.

Ratusan burung bangau dan belibis penghuni danau memang semakin jinak dan bersahabat, khususnya sejak obyek legendaris ini dijadikan tempat latihan dasar pengarungan oleh PESAT Institute (sebelumnya bernama Dayung Serunting), tiga bulan lalu.

Belakangan, Bangsa Aves ini sudah berani didekati perahu karet hingga berjarak kurang lima meter.

Kapolres Deddy Nata sendiri mengaku jarang mendapati bangau seakrab itu dengan manusia.

“Bangau ini sangat bersahabat. Inilah salah satu nilai plus Danau Kawutan Serunting yang sangat perlu kita jaga bersama,” tuturnya.

Deddy menyarankan, pihak pengelola mulai memikirkan pembuatan pelataran terapung khusus memberi bangau-bangau tersebut makanan.

“Setelah rangkaian Pilkada Serentak, kita coba garap bersama tempat ini. Jadi tidak hanya dibiarkan (PESAT Institute-red) berjalan sendiri,” janjinya.

Deddy berpesan, segenap pemerintah desa sekitar danau juga harus berperan di garda depan, khususnya mensosialisasikan rencana program wisata ekologi (ekowisata) kepada masyarakatnya.[ak]

Related posts

Rafting Vaganza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *